Monday, November 9, 2015

Syarat Diterimanya Istighfar



Agar diterima dalam memohon ampunan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang yang memohon ampunan. Di antara firman Allah yang secara menyeluruh meletakkan syarat-syarat dalam memperoleh ampunan dari dosa-dosa adalah ayat berikut :

واني لغفار لمن تاب وامن وعمل صالحا ثم اهتدى

"Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar." (QS. Thaahaa : 82)

1. Syarat pertama adalah bertaubat, dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Meninggalkan kemaksiatan yang dilakukannya
  • Menyesali perbuatannya
  • Bertekad kuat untuk tidak mengulangi lagi selama-lamanya
  • Jika terkait dengan hak-hak orang lain maka hendaklah ia mengembalikannya kepada yang memilikinya
Taubat adalah satu-satunya perbuatan yang dapat menyebabkan semua dosa-disa diampuni. Taubat dapat menghapus apa yang datang sebelumnya atau dosa-dosa terdahulu. Allah mengampuni dosa orang-orang yang bertaubat meskipun sebanyak buih di lautan, sebagaimana firman Allah Swt :

قل يا عبادي الذين اسرفوا على انفسهم لا تقنطوا من رحمة الله ان الله يغفر الذنوب جميعا انه هو الغفور الرحيم

"Katakanlah: "Hai hamba-hambaku-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar : 53)

2. Syarat kedua, seseorang yang memenuhi persyaratan Allah dalam bertaubat adalah orang yang sungguh-sungguh beriman kepada Allah, para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya dan Rasul-rasul-Nya, dan beriman kepada seluruh rukun iman.

3. Syarat ketiga bagi seseorang yang memohon ampunan Allah adalah orang yang beramal saleh. Ia melakukan kesalahan itu setelah bertaubat, baik itu berupa kesalehan pribadi maupun sosial.

4. Syarat keempat adalah tetap berada di jalan yang benar. Orang yang bertaubat tetap teguh di jalan yang benar, tidak memutuskannya dan tidak berpaling darinya. Dia tetap di atasnya sampai ia meninggal. Barangsiapa yang melakukannya, Allah akan mengampuni dosanya dan menutupi kesalahannya. Dia adalah salah satu di antara orang-orang yang mendapatkan ampunan Allah Ta'ala.

Inilah cara terbaik dalam memohon ampunan seorang hampa kepada Rabb-nya. Oleh karena itu, kita harus menempatkan betapa pentingnya untuk menghafalkan surat Thaahaa ayat 82 di atas, dengan memahami maknanya dan beramal atasya.

-

0 comments:

Post a Comment